BeritaLaboratorium

Hg Analyzer: Mudah Preparasi, Cepat Pengerjaan, Sedikit Limbah

P3KLL (Serpong, Februari 2021)_Dalam rangka mendukung Indonesia bebas Merkuri tahun 2030, Puslitbang Kualitas Laboratorium Lingkungan (P3KLL) telah membangun laboratorium yang dilengkapi peralatan Uji Merkuri (Hg Analyzer) untuk semua matriks lingkungan. Hg Analyzer dikhususkan untuk parameter logam merkuri dalam media air. Beberapa kelebihan alat ini adalah mudah dalam preparasi, cepat dalam pengerjaan, dan menghasilkan sedikit limbah.

Laboratorium lingkungan berperan penting dalam menghasilkan data yang valid dan tertelusur yang ditunjang oleh peralatan dan SDM yang mumpuni. Para analis P3KLL yang telah mengikuti pelatihan dapat menghasilkan data Merkuri dengan kelengkapan peralatan pengujian yang baru dan dapat mendukung program Indonesia bebas Merkuri untuk lingkungan hidup yang lebih baik.

P3KLL sebagai laboratorium rujukan nasional selalu memperbaharui metode pengujian dan peralatan analisa teknologi terkini untuk menghasilkan data yang semakin akurat dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan hidup di masa kini.