Berita

Swab Test Karyawan P3KLL

P3KLL (Serpong, November 2020)_Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) melaksanakan Swab test pada Selasa, 10 November 2020 di kantor P3KLL bekerjasama dengan Eka Hospital. Hal ini bertujuan mendeteksi ada atau tidaknya virus Covid-19 pada seluruh karyawan P3KLL.

Tes ini mengambil sampel lendir dari dinding belakang hidung/tenggorokan dengan sebuah alat swab seperti cotton bud bertangkai panjang, lalu diperiksa menggunakan metode PCR (Polymerase Chaun Reaction)

Swab test kali ini merupakan yang pertama kalinya, sebelumnya pada bulan Oktober dan Mei 2020 P3KLL telah melaksanakan Rapid test bekerjasama dengan Balai Pengobatan Puspiptek dengan hasil Non Reaktif untuk seluruh karyawan P3KLL.

COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan.  Virus baru dan penyakit yang disebabkannya ini tidak dikenal sebelum mulainya wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019. COVID-19 ini sekarang menjadi sebuah pandemi yang terjadi di banyak negara di seluruh dunia.