Berita

Dampak Deposisi Asam Terhadap Lingkungan, P3KLL Ambil Contoh Uji Air Permukaan Situ Gunung

P3KLL (Sukabumi, November 2020)_Tim laboratorium Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) melakukan pengambilan contoh uji air permukaan di Situ Gunung, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat, 27 Oktober 2020.

“Kondisi air permukaan Situ Gunung saat lakukan pengambilan contoh uji di 3 titik (Inlet, tengah dan Outlet), cendrung stabil, tidak pasang dan tidak surut, tidak keruh, dengan kedalam rata-rata 1,7 meter, kondisi langit cerah berawan,” kata Bambang Hindratmo, Petugas Sampling P3KLL saat dilapangan.

Hasil contoh uji air permukaan kemudian dianalisis di laboratorium P3KLL dengan menggunakan alat Ion Chromatography (IC) untuk diolah menjadi laporan tahunan. Kegiatan berkala ini dilakukan minimal 2x dalam 1 tahun yaitu di musim kemarau dan musim pengujuan, kegiatan yang sama telah dilakukan pada Maret 2020 lalu.

Pengambilan contoh uji ini dalam rangka pelaksaaan Kajian Isu Aktual Strategis: Dampak Deposisi Asam Terhadap Lingkungan. Deposisi asam merupakan polusi udara yang disebabkan oleh adanya gas SOx dan NOx yang turun ke permukaan bumi, sehingga dampak negatif polusi ini dirasakan baik pada ekosistem daratan (terestrial) maupun ekosistem perairan (akuatik). Gas-gas tersebut bereaksi dengan uap air, oksigen, atau partikel debu, dan dengan bantuan sinar matahari akan mempercepat reaksi terbentuknya asam sulfat dan asam nitrat. Jika asam-asam yang terbentuk di udara tersebut terkena air hujan, salju es ataupun kabut yang jatuh ke bumi maka akan menjadi hujan asam. **(BH/AF).

Comment here