BeritaKerjasamaLaboratorium

P3KLL dan PB3 Bahas Alat Pengujian PCBs Dengan Korea

P3KLL (Serpong, Februari 2020)

P3KLL melaksanakan pertemuan Rencana Investasi dengan Korea terkait Alat Pengujian Polychlorinated Biphenyl (PCBs) pada hari Selasa, (11/2/2019).

Pertemuan yang dilaksanakan di P3KLL ini dihadiri juga oleh Korea Suoth – East Power CO (KOEN), KLES, Chonbuk National University, YS Industries, dan perwakilan dari Direktorat Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) – KLHK.

PCBs adalah suatu kelompok senyawa kimia buatan yang dapat berwujud cairan minyak maupun padatan. Senyawa kimia ini mempunyai beberapa karakteristik yang bermanfaat dalam industri diantaranya: Tahan terhadapat pemanasan sampai dengan 1.500°c; Konduktivitas listrik yang rendah (berfungsi sebagai isolator); Senyawa kimia yang stabil (komposisi kimia sulit untuk diubah dan terurai); dan Tidak larut di dalam air atau larut di dalam lemak.

PCBs dipandang sebagai senyawa kimia yang sangat bermanfaat bagi industri perakitan peralatan elektronik dan kepentingan industri lainnya. Oleh karena sifatnya yang tahan panas, kestabilan fisik dan biologi, tidak larut dalam air serta biaya produksi yang relatif rendah, PCBs digunaan dan dimanfaatkan secara luas.