Partisipasi P3KLL di Festival PeSoNa 2017

Pesona-1P3KLL (Serpong, 08/09/2017)_ PeSoNa 2017 (Festival Perhutanan Sosial Nusantara tahun 2017) dengan tema “Ini Saatnya Untuk Rakyat” digelar pada 6-8 September di Manggala Wanabhakti Jakarta.  P3KLL (Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan) bersama saker Litbang KLHK lainnya ikut berpartisipansi memeriahkan dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan inovasi berbentuk majalah ilmiah dan bahan publikasi lainnya ke masyarakat umum, instansi negeri, pemerhati lingkungan, mahasiswa peduli lingkungan dan lainnya yang mengunjungi Booth BLI–KLHK (Badan Litbang Inovasi–Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan).

Dihari pembukaan Festival (6/9/2017) Dr. Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan “Ini adalah program sistematis untuk meningkatkan produktivitas dan penghasilan yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan membuat masyarakat Indonesia menjadi produktif bekerja, dan berpenghasilan, yang ujungnya akan sampai kepada kesejahteraan perubahan sosial”.

Pesona-2Lebih lanjut beliau menegaskan “Bapak presiden berkali-kali menugaskan kepada saya, bahwa saat ini tidak boleh lagi ada atau persepsi rakyat ilegal di dalam hutan, tidak ada yang rakyat yang ilegal di Indonesia”.

“Adanya Perhutanan Sosial juga menjadi bentuk pengakuan dan perlindungan kepada masyarakat hukum adat, untuk mengelola hutan, sekaligus  menghapuskan persepsi adanya rakyat ilegal di dalam kawasan hutan,” ujar Siti Nurbaya.

Festival PeSoNa 2017 untuk membangun kolaborasi yang produktif antara pemerintah dengan masyarakat sekitar hutan dalam pemanfaatan hutan untuk kesejahteraan rakyat. Kegiatan ini merupakan pesta bagi seluruh masyarakat Indonesia sebagai ajang promisi pencapaian yang telah diraih. Berbagai produk hasil hutan dari seluruh Indonesia di pameran dikegiatan tersebut seperti kopi, madu, gula aren, tepung sagu, berbagai hasil kerajinan, minyak gaharu dan lain-lain.

***AF

Pesona-6 Pesona-3 Pesona-5 Pesona-4

Comment here