Peran Serta P3KLL di IUFRO INAFOR 2017

IUFRO 2017 -1P3KLL (Serpong, 28/07/2017)_Kegiatan IUFRO INAFOR 2017 telah dilaksanakan selama 4 hari, tanggal 24–27 Juli 2017 di Alana Hotel & Convention Centre, Jogyakarta. Kegiatan tahunan ini bertemakan “Promoting Sustainable Resources from Plantations for Economic Growth and Community Benefits.” IUFRO INAFOR 2017 juga menampilkan pameran hasil litbang, pameran foto dan poster (24–25 Juli 2017) dan berbagai event lainnya.

P3KLL bergabung di stan Badan Litbang dan Inovasi (BLI) dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian berbentuk poster, majalah ilmiah, majalah populer, leaflet penelitan unggulan, video profile dan materi publikasi lainnya. Diakhir kegiatan pameran, stan P3KLL telah dikunjungi 93 pengunjung dari lingkup BLI, peneliti, ilmuwan, praktisi, dan kalangan lainnya.

IUFRO INAFOR 2017 resmi dibuka oleh Kepala BLI – KLHK, Henry Bastaman pada 24 Juli 2017 dan dihadiri kurang lebih 600 peserta baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu hadir pula kalangan peneliti yang berasal dari pemangku kebijakan serta pelaku usaha dari berbagai negara seperti Australia, Vietnam, Laos, Bangladesh, Finlandia, dan Nigeria.

Dalam sambutannya Henry mengatakan, “Kami bisa tukar menukar informasi hasil penelitian mengenai bagaimana memastikan hutan bisa diakses dan memberikan manfaat bagi masyarakat tetapi tanpa merusak hutan.”  lebih lanjut Henry mengatakan “satu di antara negara yang menjadi perhatian Kementerian LHK dalam mengelola hutan adalah Finlandia. Pemerintah Finlandia, telah membuka akses pemanfaatan hutan bagi masyarakat sejak ratusan tahun yang lalu dengan memastikan kelestarian hutan tetap terjaga.” tutur beliau. Selesai acara pembukaan dilanjut kunjungan ke stan pameran Hasil Penelitian Badan Litbang dan Inovasi (BLI).

IUFRO INAFOR tahun 2017 adalah yang keempat kalinya diselenggarakan sejak tahun 2011 dengan tujuan untuk memperoleh rekomendasi kebijakan strategis dan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), dalam pengelolaan hutan tanaman untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu sebagai wadah pertemuan intensif para peneliti/ilmuwan, praktisi, akademisi, dan pengambil kebijakan baik lokal maupun international untuk berbagi pengalaman dan mempresentasikan hasil-hasil riset terbaru di bidang kehutanan dan lingkungan hidup terkait hutan tanaman.

***AF

IUFRO 2017 -2 IUFRO 2017 -3 IUFRO 2017 -4

Comment here