Partisipasi P3KLL di HUT Kebun Raya Bogor ke 200

KRB-1 EdP3KLL (Serpong, 22/05/2017)_Kebun Raya Bogor genap berusia 200 tahun. Pada momentum perayaan HUT tersebut bertemakan “Plant and People in Harmony”. Perayaan 200 tahun Kebun Raya Bogor dimeriahkan sejumlah acara, seperti Pameran Perkebunrayaan, KRB 200K Run, Kegiatan Pendidikan Lingkungan, festival seni budaya, dan lomba fotografi.

Puslitbang Kualitas & Laboratorium Lingkungan (P3KLL) dibawah Badan Litbang & Inovasi – Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (BLI-KLHK) bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai penyelenggara utama kegiatan Pameran Perkebunrayaan 200 tahun yang berlokasi di lapangan miring Kebun Raya Bogor pada 18 – 21 Mei 2017.

P3KLL berpartisipasi mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan kemampuan peralatan di laboratorium lingkungan  melalui leaflet, jurnal, majalah dan roll-up banner ke pengunjung pameran yang diantaranya; mahasiswa, siswa-siswi sekolah dasar, instansi negeri, dan masyarakat umum.

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu sumber daya dan aktivitas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai pusat penelitian dan pusat kKRB-5onservasi luar kawasan (eks-situ) tumbuhan terbesar di Indonesia saat ini. Kebun Raya Bogor memiliki luas sekitar 87 hektar dengan koleksi 12.531 spesimen tumbuhan yang terdiri atas 3.228 jenis, 1.210 marga, dan 214 suku.

Kebun Raya Bogor didirikan pada 18 Mei 1817 oleh C.G.C Reinwardt seorang botanis asal Jerman yang diberi nama ‘s Lands Plantentuin te Buitenzorg. Awalnya Kebun Raya hanya digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hidia Belanda. Namun pada perkembangannya pendirian Kebun Raya Bogor menjadi cikal bakal perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia sebagai wadah bagi ilmuwan terutama bidang botani.

***AF

KRB-2 KRB-3 KRB-4

Comment here