Hasil Penelitian Harus Berkontribusi Selesaikan Masalah Lingkungan dan Hutan

Picture 253P3KLL (Serpong, 13/12/2016)_Seminar Hasil Penelitian dan Kegiatan Tahun 2016 telah dilaksanakan oleh Puslitbang Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) pada Rabu 7/12/2016 di Grand Zuri Hotel, Bumi Serpong Damai – Tangerang Selatan.

Dalam sambutannya Dr. Wahyu Marjaka, Kepala P3KLL yang mewakili Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) mengatakan “Hasil penelitian dan hasil kegiatan laboratorium tahun 2016 dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk mendukung pelaksanaan penerapan program/kegiatan yang sedang dilaksanakan maupun yang direncanakan tahun 2017. Hal ini sejalan dengan arahan Ibu Menteri LHK dan Bappenas, yaitu bahwa penelitian dan pengembangan juga harus dapat berkontribusi penuh dalam menunjang penyelesaian permasalahan pencemaran lingkungan dan kerusakan dan permasalahan kehutanan, seperti masalah perubahan iklim, pengelolaan hutan dan produksi hutan yang berbasis pada sustainable development.” ungkap Wahyu

Wahyu mengatakan bahwa isu lingkungan sering menjadi isu politik yang perlu ditangani dengan sebaik-baiknya. Litbang harus bisa terlibat dalam penyelesaian segala persoalan di KLHK oleh karena itu kita perlu melaksanakan penelitian-penelitian untuk mendukung penyelesaian persoalan termasuk memberikan feedback, terutama dalam pengambilan keputusan. Keberhasilan dalam penanganan permasalahan lingkungan hidup dan kehutanan tidak akan optimal hasilnya jika dilaksanakan oleh satu unit saja. Oleh karena itu perlu ditingkatkan sinergitas atau keterpaduan dalam mengelola dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan lingkungan dan kehutanan”.

Picture 070Lebih lanjut Wahyu mengatakan bahwa P3KLL membuka peluang dalam menjawab permasalahan lingkungan hidup  dan menjalin kerjasama dengan pihak luar. Sinergi antara P3KLL dengan mitra kerja diharapkan dapat memperkuat peran institusi ini dalam menjalankan program pemerintah sesuai prioritas nasional yang ditetapkan.

Harapan P3KLL setelah seminar ini akan ada tindak lanjut dan komunikasi instensif untuk memanfaatkan hasil yang telah didapatkan, sehingga pengelolaan dan penyelesaian pencemaran lingkungan dapat dilakukan secara terintegrasi dan tidak berdiri sendiri atau menyelesaikan secara sendiri-sendiri. demikian ungkap Wahyu.

Seminar yang dihadiri sekitar 80 peserta tersebut, merupakan sarana publikasi hasil penelitian dan kegiatan laboratorium berkaitan dengan fungsi sebagai lembaga penelitian di lingkup BLI sejak penggabungan menjadi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tujuan seminar tersebut untuk menginformasikan hasil penelitian dan capaian kegiatan di laboratorium rujukan serta kegiatan metrologi, kalibrasi P3KLL tahun 2016  ke tingkat eselon 1 terkait, perguruan tinggi/akademisi, swasta dan masyarakat umum. Selain itu hadir pula mitra kerja dari instansi terkait, para akademisi, instansi pengelola lingkungan hidup daerah, Laboratorium pengujian dan kalibrasi serta LSM yang bergerak di bidang lingkungan.

Tahun 2016 merupakan tahun kedua bagi P3KLL sebagai institusi yang mendapat amanah untuk menjalankan tugas  penelitian dan pengembangan kualitas lingkungan. Hal ini merupakan tantangan bagi P3KLL untuk terus maju menyejajarkan diri dengan Puslitbang lain yang telah berperan lebih dahulu.

Seminar Hasil Penelitian dan Kegiatan P3KLL tahun 2016 ini merupakan seminar pertama yang dilaksanakan oleh P3KLL dan diharapkan pada tahun-tahun berikutnya kegiatan penelitan dan kegiatan laboratorium dapat diintegrasikan sehingga tercapai sinergitas yang termanfaatkan.

***AF

Picture 222 Picture 155 Picture 226 Picture 062

Comment here