BIMBINGAN TEKNIS LABORATORIUM LINGKUNGAN

Tangerang Selatan, 1 Juli 2014

bimtek sumapapua2014Dalam rangka pembinaan laboratorium lingkungan daerah Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup (Pusarpedal-KLH) secara regular menyelenggarakan bimbingan teknis bagi personil laboratorium di provinsi. Pada 24 – 26 Maret tahun 2014 Bimbingan Teknis Laboratorium Lingkungan diselenggarakan di Jakarta dan ditujukan bagi instansi pengelola lingkungan hidup provinsi di wilayah Sulawesi.

Bimbingan Teknis Laboratorium Lingkungan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi personil pengelola laboratorium lingkungan di provinsi dalam memahami penerapan  pengendalian dan jaminan mutu pengujian laboratorium lingkungan. Melalui bimbingan teknis laboratorium lingkungan kali ini dengan fokus materi pada pengendalian dan jaminan mutu, diharapkan kemampuan teknis SDM laboratorium lingkungan dalam menghasilkan data pemantauan kualitas lingkungan yang terpercaya akan terus meningkat. Bimbingan Teknis Laboratorium Lingkungan dibuka oleh  Kepala Bidang Pengembangan & Evaluasi Laboratorium Lingkungan.

Bimbingan Teknis Laboratorium Lingkungan yang  diikuti oleh 26 orang peserta yang merupakan Tim Pembina SDM laboratorium dan personil laboratorium dari instansi pengelola lingkungan hidup provinsi di wilayah PPE Sulawesi Maluku dan PPE Papua, dan laboratorium instansi vertikal yang menjadi binaan KLH.

Materi bimtek disampaikan dalam bentuk teori dan praktek di laboratorium. Adapun materi teori yang disampaikan di kelas meliputi: Kebijakan Laboratorium terkait dengan validitas pengujian parameter kualitas lingkungan, Pelaksanaan peningkatan kapasitas SDM kabupaten/kota dalam rangka optimalisasi laboratorium lingkungan hidup daerah, Teori Pengantar Pengendalian Mutu, Teori Presisi, Akurasi dan CRM, Teori Control chart, Teori Pengujian logam dalam air mengunakan AAS dan QA/QC, Teori QA/QC Secara Spektrofotometri (termasuk Reagen Kits). kegiatan praktek dilaksanakan di laboratorium Lingkungan Pusarpedal – KLH, Serpong. Materi praktek meliputi: QA/QC pengujian dengan menggunakan spektrofotometer UV/ Vis, spektrofotometer serapan atom(AAS) dan Control Chart.

Dalam pelaksanaan bimtek ini, peyelenggara juga melakukan evaluasi terhadap peserta berdasarkan nilai pre test dan post test, aktifitas di kelas dan di laboratorium  serta kedisiplinan peserta. Berdasarkan kriteria tersebut sdr Naskah Filailah dari UPTB Laboratorium Lingkungan BLHD Provinsi Sulawesi Selatan terpilih sebagai peserta terbaik.

(BH)

Comment here