BIMBINGAN TEKNIS LABORATORIUM LINGKUNGAN BAGI SDM LABORATORIUM KABUPATEN/KOTA SE PROPINSI SULAWESI BARAT

BIMSULBAR1Tangerang Selatan, 20 Agustus 2013

Sesuai amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, maka diperlukan adanya data pemantauan kualitas lingkungan yang dapat digunakan sebagai dasar penyusunan kebijakan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.  Data pemantauan kualitas lingkungan tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan baik secara hukum maupun ilmiah.  Oleh karena itu diperlukan keberadaan laboratorium pengujian parameter kualitas lingkungan yang berkompeten dalam menghasilkan data tersebut.

Dalam rangka memperkuat pelaksanaan Standar pelayanan Minimal (SPM) bidang lingkungan hidup daerah kabupaten/kota serta dalam upaya mendukung adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, Pemerintah telah menetapkan kebijakan pengalokasian Dana Alokasi Khusus bidang lingkungan hidup. Sejak tahun 2006 telah diberikan Dana Alokasi Khusus bidang Lingkungan Hidup  (DAK LH) untuk pengadaan sarana dan prasarana laboratorium bagi kabupaten/kota bagi lebih dari 450 kabupaten/kota. Belum semua Kabupaten/Kota mengoperasikan laboratoriumnya dan salah satu kendalanya adalah masih kurangnya kemampuan teknis yang dimiliki oleh SDM laboratorium, sehingga perlu adanya peningkatan kapasitatas bagi SDM laboratorium tersebut.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Propinsi sesuai peraturan perundangan-undangan mempunyai kewenangan BIMSULBAR2melakukan pembinaan kapada laboratorium lingkungan daerah. BLH Propinsi Sulawesi Barat bekerjasama dengan PUSARPEDAL menyelenggarakan bimbingan teknis bagi laboratorium lingkungan yang dikuti oleh 25 peserta dari BLH Kabupaten Mamuju, BLH Kabupaten Mamuju Utara, BLH Kabupaten Majene, BLH Kabupaten Mamasa, BLH Kabupaten Polewali Mandar dan BLH Propinsi Sulawesi Barat. Bimbingan Teknis ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Propinsi Sulawesi Barat yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala BLH Propinsi Sulawesi Barat pada tanggal 19 Agustus 2013 dan akan berakhir pada tanggal 23 Agustus 2013.

(HW)

Comment here